Sabtu, 01 Oktober 2016

BAWASLU LUNCURKAN APLIKASI SIANIDA


SERANG, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten meluncurkan aplikasi “Sianida” (Sistem Analisis Pemilih Ganda) . Sistem berbasis IT ini digunakan sebagai alat untuk mendeteksi kegandaan pada daftar pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2017.
Koordinator Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lebaga (PHL) Bawaslu Banten, Eka Satialaksmana, saat peluncuran aplikasi ini di kantor Bawaslu Jl. Kelapa Dua, Kota Serang, mengungkapkan aplikasi tersebut bagian dari alat kerja pengawasan yang digunakan untuk mendeteksi kegandaan dalam daftar pemilih.
Dalam aplikasi ini terdapat beberapa indicator yang dianalisis, diantaranya kegandaan pada NIK, Nama dan tanggal lahir. Selain itu system ini juga menganalisis ganda potensial yang mencakup kesamaan antara tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin dan alamat.
“Alat kerja berbasis tehnologi ini baru tahun sekarang digunakan oleh pengawas. Biasanya kita menggunakan alat kerja konpensional, namun dari hasil evaluasi kerap ditemukan kegandaan paska sinkronisasi yang dilakukan oleh KPU. Makanya kita bantu KPU untuk mendeteksi kegandaan lewat aplikasi ini,” ujar Eka saat launching aplikasi Sianida di hadapan komisoner Panwaslu Kabupaten Kota di Kantor Bawaslu.
Eka juga mengungkapkan operasional aplikasi ini akan dilakukan oleh Panwas Kabupaten/Kota dengan menunjuk operator masing-masing satu. Kemudian operator akan di bimtek oleh expert yang membuat aplikasi tersebut.
“Basis pengawasannya terhadap daftar pemilih akan dilakukan per TPS, sehingga akan mudah mendeteksi kegandaanya,” tukasnya.
Ditambahkan Eka, dasar pembuatan aplikasi ini, menyusul banyaknya aduan dari masyarakat terkait banyaknya warga yang kerap menemukan nama yang duble dalam daptar pemilih tetap, sehingga rawan disalah gunakan oleh pihak-pihak yang memiliki niat buruk terhadap prosres demokrasi di Banten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN AKHIR PANWASCAM KRONJO #Pemilu2019

SAMBUTAN KETUA PANWASLU  KECAMATAN KRONJO Puji syukur selalu kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kekuatan d...